Kata Sambutan

Kejaksaan Negeri Solok adalah sebuah lembaga pemerintah yang melaksanakan kekuasaan negara di bidang penuntutan serta kewenangan lain berdasarkan undang-undang no. 16 tahun 2004 tentang Kejaksaan RI, yang memiliki wilayah hukum di wilayah Kabupaten Solok dan Kota Solok.

Kejaksaan Negeri Solok secara struktural terletak di bawah Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat (Kejati Sumbar) dan Kejaksaan Agung RI yang memiliki 2 (dua) wilayah hukum yaitu Kota Solok dan Kabupaten Solok, kantor Kejari Solok terletak di Jalan M Yamin No. 3 Kelurahan PPA Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok.

Wilayah hukum  Kejaksaan Negeri  Solok menaungi  Polres Solok dan Polres Solok Kota, setiap bulannya menerima 20 hingga 25 perkara untuk Tindak Pidana Umum dari penyidik Polri dan sekitar 2 untuk perkara tindak pidana khusus (korupsi) dari penyidik Jaksa Kejaksaan Tinggi Sumbar dan Kejari Solok sendiri.

Merespon tuntutan masyarakat terhadap kinerja institusi Kejaksaan, Kejaksaan Republik Indonesia tengah berupaya melakukan Reformasi Birokrasi di institusinya yaitu dengan titik berat terhadap percepatan dan optimalisasi penanganan perkara, penerapan system teknologi Informasi dalam penanganan perkara, Laporan Pengaduan Masyarakat dan redesign website Kejaksaan Negeri Solok guna menyikapi tuntutan reformasi birokrasi dan Keterbukaan Informasi Publik, Kejaksaan Negeri Solok berupaya merespon tuntutan ini dengan melaunching website. Melalui website ini Kejari Solok  berusaha menyajikan informasi dan data yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan hukum yang tengah diupayakan segenap jajaran Kejaksaan di seluruh Indonesia, sehingga masyarakat dapat mengakses data-data tentang dasar hukum dan undang-undang, kinerja Kejaksaan Negeri Solok, berita-berita  terbaru  tentang Kejaksaan serta info perkara serta layanan yang ada di kejaksaan Negeri Solok, website ini juga menyediakan ruang bagi siapa saja yang ingin berpartisipasi langsung dengan memberikan masukan dan saran untuk perbaikan  Kejaksaan, khususnya Kejaksaan Negeri Solok termasuk pengaduan atau laporan tentang dugaan tindak pidana korupsi di wilayah Solok kota dan Kabupaten Solok.

 

 

DONNY HARYONO SETYAWAN, SH

KEPALA KEJAKSAAN NEGERI SOLOK